Senin, 11 Mei 2009

POSITIF dan NEGATIF INTERNET

B. MANFAAT DAN KEKHAWATIRAN INTERNET

Sebagiaman dijelaskan sebelumnya, bahwa internet merupakan jaringan yang mampu menjangkau penggunanya dimana saja, kapan saja dan bagi siapa saja, sejauh fasilitas dan infrastrukturnya tersedia, sehingga pengguna memungkinkan berkomunikasi secara global.
Berikut ini beberapa manfaat internet bagi penggunanya:
1. Manfaat umum
1) Memudahkan penggunanya berkomunikasi secara global
2) Penyampaian dan penerimaan informasi sangat cepat dan biayanya relatif murah.
3) Dapat mengakses dan men “download” berbagai informasi yang diperlukan, yang tidak didapatkan dari media cetak.
4) Menambah jaringan komunikasi
2. Manfaat khusus
1) Internet dapat digunakan sebagai media promosi perusahaan
2) Dapat digunakan sebagai media transaksi secara online
3) Mempermudah dan mempercepat pengiriman dan penerimaan informasi, seperti laporan, proposal, surat, memo, dan lain-lain.
4) Dapat digunakan untuk konferensi jarak jauh. Misalnya antara kantor pusat dengan perusahaan afiliasinya di luar negeri.
3. Kekhawatiran Internet
Selain memberikan manfaat yang cukup besar bagi kemudahan penggunanya, internet juga dapat menimbulkan berbagai kekhawatiran berbagai pihak, antara lain:
1) Menyebarnya berbagai paham dan idiologi atau pandangan yang tidak sesuai dengan paham atau idiologi yang dianut oleh suatu masyarakat.
2) Pengguna yang masih dibawah umur (belum dewasa) dapat dengan mudah membuka atau akses ke alamat website (situs web) yang tidak layak diakses bagi mereka.
3) Mumculnya website yang berkaitan dengan tindakan-tindakan yang membahayakan diri sendiri, misalnya bagaimana merakit bom, bagaimana melakukan bunuh diri, dan lain-lain, yang tentunya mengkhawatirkan banyak orang.
4) Adanya pengguna yang iseng yang dapat mengacak-acak web sites orang atau lembaga lain (hackers), yang dapat berakibat fatal, misalnya rusaknya sistem operasi atau rusaknya data yang tersimpan, atau hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar